Profil Jurusan

Jurusan Manajemen Informatika merupakan salah satu Jurusan di bawah Fakultas Teknik dan Kejuruan Undiksha. Visi jurusan adalah menghasilkan sumberdaya manusia yang handal di bidang teknologi informasiUntuk mencapai visi tersebut, jurusan melaksanakan misi di tiga bidang utama, yaitu bidang pembelajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Sasaran yang ditetapkan adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi di bidang teknologi informasi dan turut berperan aktif dalam pengembangan teknologi informatika.  Tujuan yang ingin dicapai adalah menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan diri di bidang informatika, mampu menggunakan sistem yang berbasis komputer, mampu mengelola sistem informasi dalam jaringan komputer, dan mampu mengembangkan perangkat lunak komputer.

Struktur organisasi jurusan Manajemen Informatika terdiri dari pimpinan jurusan, staf dosen, dan teknisi/laboran. Pimpinan jurusan terdiri dari Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, dan Ketua Laboratorium. Operasional jurusan dilaksanakan secara terpadu oleh pimpinan jurusan dibantu oleh Pembimbing Kemahasiswaan, staf dosen dan teknisi/laboran. Pegawai administrasi masih dikoordinasi oleh fakultas. Mahasiswa terhimpun dalam himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) Manajemen Informatika.

Pencanaan dan pengembangan jurusan tertuang dalam rencana strategis pengembangan jurusan. Perencanaan dan pengembangan tersebut mencakup pendidikan dan pembelajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, organisasi, serta manajemen.  Mutu, efektivitas, efisiensi dan relevansi keseluruhan program mendapat perhatian penting dalam rangka pelaksanaan misi dan pencapaian tujuan jurusan.

Jurusan Manajemen Informatika menerima calon mahasiswa melalui dua jalur, yaitu jalur penelusuran minat jalur khusus (PMJK) dan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur lokal (PMJL). Penyebaran daerah asal mahasiswa adalah Bali, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara. Saat ini jurusan Manajemen Informatika mengasuh 304 orang mahasiswa, dan telah menghasilkan 485 lulusan.

Pelayanan kepada mahasiswa dilaksanakan sejak awal mereka menjadi mahasiswa.  Layanan berikutnya mengarah pada sasaran agar mahasiswa mencapai hasil belajar yang optimal. Selama proses perkuliahan, mahasiswa juga mendapatkan bimbingan karir, informasi bursa kerja, dan konseling baik pribadi maupun kelompok. Dalam kegiatan kemahasiswaan mahasiswa didampingi oleh dosen pembimbing kemahasiswaan. Terkait penulisan tugas akhir dalam rangka penyelesesaian studi, mahasiswa mendapatkan dosen pembimbing tugas akhir.

Mahasiswa yang dimiliki aktif di berbagai komisi, mulai dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Senat Mahasiswa Fakultas (SMF), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan Badan Legislatif Mahasiswa (BLM).  Kegiatan ekstra kurikuluer mahasiswa pameran, seminar, pengabdian masyarakat, lomba-lomba di bidang teknologi informasi, dan berbagai cabang olah raga. Selain itu, mahasiswa juga terlibat dalam berbagai kegiatan ilmiah, seperti Penelitian Kreativitas Mahasiswa (PKM), Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa (LKIM) dan Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM).

Pemberian tugas kepada staf dilakukan dengan mempertimbangkan spesialisasi, pengalaman mengajar, dan pemerataan beban tugas. Saat ini, jurusan Manajemen Informatika memiliki 10 orang dosen tetap dengan spesialisasi yang cukup beragam. Dalam upaya peningkatan kualias lulusan, jurusan memanfaatkan sumber daya manusia dari jurusan lain dan bahkan juga dari intansi lain.  Mutu, kualifikasi, dan kesesuaian SDM cukup memadai, namun masih perlu ditingkatkan. Sistem kerja dan kode etik diatur dengan peraturan pemerintah serta peraturan Undiksha

Sumber dana dan pembiayaan berasal dari dana operasional Undiksha yang tergabung dalam Daftar Isian Perencanaan Anggaran (DIPA). Penggunaan anggaran diawasi secara rutin baik oleh lembaga, Inspektorat Jenderal maupun dari Pengurus IKOTMA.  Dana yang diperoleh selama ini baru cukup untuk kebutuhan rutin, sehingga perlu upaya peningkatan.

Jurusan Manajemen Informatika memiliki satu ruang untuk pimpinan jurusan dan satu ruang staf jurusan dengan kapasitas 10 orang. Ruang kuliah sebanyak 3 ruangan digunakan secara bagi-pakai dengan semua jurusan yang ada di lingkungan FTK.  Ruang seminar dan ruang sidang masing-masing 1 buah juga digunakan bersama jurusan lain di FTK.  Laboratorium yang dimiliki ada 5, meliputi laboratorium produksi I, laboratorium produksi II, laboratorium perawatan komputer, laboratorium Internet, dan laboratorium multimedia. Intranet Undiksha juga dapat digunakan sebagai sumber belajar oleh mahasiswa jurusan Manajemen Informatika.

Terkait dengan sumber belajar, perpustakaan Undiksha memiliki koleksi buku Informatika/Komputer sebanyak kurang lebih 1022 eksemplar dengan sekitar 397 judul. Perpustakaan jurusan memiliki koleksi yang masih terbatas, yakni buku-buku khusus pendukung perkuliahan, buku-buku ajar produksi staf jurusan, majalah/jurnal terbatas, dan tugas akhir mahasiswa.

Infrastruktur yang tersedia di jurusan dinilai sudah cukup memadai untuk mendukung aktifitas perkuliahan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Penggunaan infrastruktur yang dimiliki juga sangat sesuai dengan peruntukannya. Akan tetapi, untuk keperluan pengembangan, infrastruktur tersebut harus terus ditingkatkan, baik kualitas maupun kuantitasnya.

Kurikulum jurusan Manajemen Informatika disusun berdasarkan publikasi-publikasi dari masyarakat komputer, kurikulum nasional, kurikulum komputer dari beberapa perguruan tinggi di Tanah Air. Kurikulum disusun dengan berpegang pada tiga permasalahan, yaitu menekankan dalam masalah perangkat lunak, memberi kemungkinan bagi lulusan untuk berperan sebagai produsen daripada hanya sebagai pemakai saja, serta sedapat mungkin memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memenuhi minat masing-masing. Kompetensi lulusan diperkuat dengan mewajibkan mahasiswa mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan membuat Tugas Akhir (TA).

Proses pembelajaran dilaksanakan dalam bentuk perkuliahan tatap muka, tugas individual, tugas kelompok, diskusi kelompok praktikum di laboratorium, dan praktek di lapangan. Pembelajaran dilakukan oleh dosen secara sistematis berorientasi pada tujuan perkuliahan dengan dipandu Satuan Acara Perkuliahan (SAP). Efisiensi dan produktifitas kerja dosen dipantau rupa dengan mengecek kehadiran dosen saat perkuliahan. Mahasiswa terlibat aktif dalam pembelajaran di kelas, di laboratorium, dan dalam praktek lapangan. Kemajuan belajar mahasiswa paling tidak dievaluasi melalui tiga aspek, yaitu tugas-tugas, ujian tengah semester (UTS), dan ujian akhir semester (UAS).

Proses pembelajaran diarahkan pada pengembangan kompetensi utama, yaitu kompetensi di bidang teknologi informatika, baik teori maupun praktek. Harapannya, fleksibilitas dalam memilih lapangan kerja bisa terjamin melalui fleksibilitas kurikulum.  Secara umum hasil pembelajaran yang dicapai oleh  cukup menggembirakan, yang tampak dari prestasi lulusan dan lama studi mahasiswa. Rata-rata IPK mahasiswa mencapai 2,78 dengan masa studi rata-rata 37,4 bulan.

Produktivitas dalam bidang penelitian staf dosen  tergolong cukup. Hal ini tampak dari jumlah penelitian yang dilakukan oleh staf dosen untuk 3 tahun terakhir. Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa umumnya berkaitan dengan tugas akhir (TA). Keterlibatan mahasiswa dalam penelitian seperti PKM, LKTM, dan LKTI juga sudah cukup banyak.

Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh staf jurusan dan mahasiswa   lebih banyak terkait dengan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Undiksha yang dikoordinir oleh Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM). Produktivitas pengabdian masyarakat cukup tinggi, baik di tingkat jurusan maupun di tingkat lembaga. Pengabdian kepada masyarakat. umumnya diarahkan pada peningkatan penguasaan keterampilan teknik informasi untuk masyarakat yang memerlukan.

Pengelolaan mutu secara internal di jurusan dilakukan dengan beberapa cara, seperti pengkajian kurikulum dengan mendatangkan tenaga ahli; evaluasi mengajar dosen dengan mengedarkan angket kepada mahasiswa; dan pembuatan sumber dan media pembelajaran dengan mengikuti berbagai kegiatan ilmiah. Pengembangan program jurusan  meliputi tiga bidang kegiatan utama, yaitu bidang relevansi, bidang efisiensi dan produktivitas, dan bidang suasana akademik.

Sarana dan prasarana sistem informasi disediakan oleh Undiksha dan dikelola secara melembaga. Fasilitas yang tersedia antara lain internet, intranet, radio siaran, telepon, dan faximile. Fasilitas ini digunakan bersama-sama dengan jurusan lain dengan azas bagi-pakai. Sistem informasi kemahasiswaan, akademik, kepegawaian, dan perpustakaan semuanya telah terkomputerisasi di bawah koordinasi Pusat Komputer. Jaringan komputer (intranet) sudah terhubung ke semua fakultas/program Pascasarjana dan hampir semua unit kerja yang ada.

Akses informasi kemahasiswaan, akademik, penelitian, pengabdian pada masyarakat, perpustakaan, dan kepegawaian sudah dapat dilakukan dari jurusan atau Fakultas dan unit kerja lainnya. Undiksha sudah memiliki jaringan internet namun masih menggunakan jalur dial-up. Internet jalur cepat masih dalam tahap pemasangan bekerjasama dengan PT. Telkom. Dalam upaya penyebaran informasi, Undiksha juga sudah memiliki situs web dengan alamat http://www.undiksha.ac.id. Dan situs web terkait dengan informasi jurusan dapat diakses melalui alamat http://informatika.undiksha.ac.id

Keberlanjutan diupayakan dengan menjamin pendanaan, pengadaan sarana, pengaturan sumber daya manusia, meningkatkan peminat, dan mendekati pasar kerja. Pembiayaan diupayakan berasal dari DIPA dan IKOTMA. Keterbatasan dosen diatasi dengan bekerjasama dengan jurusan lain atau instansi lain, sambil berupaya mengusulkan pengadaan tenaga baru. Peminat jurusan Manajemen Informatika cukup tinggi. Agar dapat memilih calon mahasiswa yang lebih berkualitas, jurusan  secara kontinyu melakukan sosialisasi melalui sekolah-sekolah atau instansi lain yang terkait.  Pasar kerja lulusan adalah berbagai instansi, baik negeri maupun swasta. Sampai saat ini lulusan Manajemen Informatika ada yang bekerja di PLN, PT. Telkom, Kantor Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, dan dunia usaha atau industri lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: